-->

Soal UTS Biologi Kelas X Semester 1 (Ganjil)

Assalamu'alaikum.. . contoh latihan Soal MID / UTS / Ulangan Tengah Semester 1 (Ganjil) Kelas 10 / X SMA / MA Mapel Biologi 

Cuplikan Soal :

ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL 
KELAS X
TAHUN PELAJARAN 20... / 20....

Mata Pelajaran : Biologi



1.   Dalam klasifikasi 5 (lima) Kingdom, Eubacteria dan Archaebacteria dikelompokkan ke dalam Kingdom Monera. Buatlah 3 (tiga) perbedaan yang terdapat pada Eubacteria dan Archaebacteria dalam bentuk tabel. (skor 7)
2.       a. Salah satu struktur dari bakteri adalah mempunyai ribosom. Jelaskanlah fungsi dari ribosom pada bakteri? (skor 1)
b. Setelah terjadi pembelahan sel, bakteri ada yang membentuk koloni atau kumpulan yang berdempetan. Buatlah gambar dan deskripsikan bentuk bakteri streptobasil?. (skor 2)
c. Berdasarkan cara memperoleh makanan, bakteri dibedakan menjadi bakteri heterotrof dan autotrof. Jelaskan bagaimana cara bakteri saprofit dan bakteri fotoautotrof dalam mendapatkan makanan!. (skor 2)
d. Archaebacteria dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, bagaimanakah karakteristik dari bakteri termoasidofil dan halofil?. (skor 2)
3.       a. Bakteri umumnya melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Buatlah gambar dan jelaskan proses pembelahan biner pada bakteri?. (skor 3)
b. Selain dapat melakukan reproduksi secara aseksual, bakteri juga dapat melakukan rekombinasi genetik. Jelaskan proses transformasi dengan gambar dan keterangan!. (skor 4)


Silakan klik link di bawah untuk men download soal selengkapnya :

Soal Mid / UTS Biologi Kelas X SMA / MA Semester 1 (Ganjil) 

Note : Hanya soal, tidak tersedia kunci jawaban

Soal Terkait :
Kumpulan Soal UTS Semester 1 Ganjil Kelas X Lengkap 
Kumpulan Soal UTS Semester 1 Ganjil Kelas XI Lengkap 
Kumpulan Soal UTS Semester 1 Ganjil Kelas XII Lengkap  

Demikianlah contoh Soal UTS / Ulangan Tengah Semester 1 (Ganjil) Kelas 10 / X SMA / MA Mapel Biologi. Semoga Bermanfaat.
LihatTutupKomentar