-->

Definisi Investasi

Definisi Investasi - Investasi ialah penempatan uang atau dana dengan impian untuk memperoleh pelengkap atau laba tertentu atas uang atau dana tersebut. Menurut Abdul Halim, “Investasi selalu mempunyai dua sisi, yaitu return dan risiko”. Dalam Berinvestasi berlaku aturan bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Investor sanggup saja mengalami kerugian bahkan lebih dari itu sanggup kehilangan semua modalnya. Hal ini mungkin sanggup menjelaskan mengapa tidak semua investor mengalokasikan dananya pada semua instrumen investasi yang mengatakan return yang tinggi.definisi lain mengenai investasi di kemukakan oleh Sunariyah “Investasi ialah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu usang dengan impian mendapat laba di masa-masa yang akan datang.

 ialah penempatan uang atau dana dengan impian untuk memperoleh pelengkap atau laba Definisi Investasi
Dewasa ini banyak negara-negara yang melaksanakan akal yang bertujuan untuk meningkatkan investasi baik domestik ataupun modal asing. Hal ini dilakukan oleh pemerintah lantaran aktivitas investasi akan mendorong pula aktivitas ekonomi suatu negara, peresapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa. berdasarkan Husnan menyatakan bahwa “proyek investasi merupakan suatu planning untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.” Pada umumnya manfaat ini dalam bentuk nilai uang. Sedang modal, sanggup saja berbentuk bukan uang, contohnya tanah, mesin, bangunan dan lain-lain. namun baik sisi pengeluaran investasi ataupun manfaat yang diperoleh, semua harus dikonversikan dalam nilai uang.

Suatu rencana investasi perlu dianalisis secara seksama. Analisis rencana investasi pada dasarmya merupakan penelitian perihal sanggup tidaknya suatu proyek (baik besar atau kecil) sanggup dilaksanakan dengan berhasil, atau suatu metode penjajakkan dari suatu gagasan usaha/bisnis perihal kemungkinan layak atau tidaknya gagasan usaha/bisnis tersebut dilaksanakan. suatu proyek investasi umumnya memerlukan dana yang besar dan akan menghipnotis perusahaan dalam jangka panjang. Oleh lantaran itu dilakukan perencanaan investasi yang lebih teliti supaya tidak terlanjur menanamkan investasi pada proyek yang tidak menguntungkan.
LihatTutupKomentar