-->

Teks Report (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Teks Report (Bahasa Indonesia) meliputi pengertian Teks Report, Tujuan Teks Report, Struktur, dan Contoh Teks Report dalam Bahasa Indonesia

Teks Report
Pengertian Teks Report
 
Teks Report adalah  teks yang mendeskripsikan sesuatu atau benda-benda secara umum, contohnya berbagai benda atau fenomena alam, buatan dan sosial yang ada atau terjadi di lingkungan kita. Teks report mengupas suatu hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau study tentang benda atau binatang, orang atau tempat. 

Tujuan Teks Report :
 
Tujuan Penulisan Teks Report adalah Untuk mempresentasikan informasi tentang sesuatu apa adanya. Informasi ini merupakan hasil pengamatan dan analisis yang sistematik
 
Struktur Generik:
  1. Klasifikasi umum
  2. Deskripsi
Fitur Bahasa yang Dominan:
  1. Pengenalan kelompok atau aspek-aspek umum aspect
  2. Penggunaan hubngan logis yang kondisional
Contoh Tujuan Teks Report : 

GAJAH


Gajah adalah hewan terbesar diantara hewan-hewan lain yang ada di dunia. Hewan ini memiliki penampakan yang unik. Kakinya kekar, tubuhnya besar, punggungnya kuat, telinganya menggantung, mata dan ekornya kecil, serta memiliki hidung yang panjang yang dikenal sebagai belalai. Gajah biasanya dapat dilihat di kebun binatang. Sangat sukar sekali untuk melihat gajah di habitat aslinya.

Belalai merupakan organ tubuh gajah yang sangat unik serta bermanfaat. Dengan belalai, gajah dapat menyemprotkan air ke tubuhnya. Dengan be;lalai pula gajah dapat mengambil dedaunan untuk kemudian dimasukkan ke mulutnya. Meskipun tubuh gajah besar, gajah dapat bergerak dengan cepat.

Gajah adalah hewan yang pintar. Dengan kepintaran serta kekuatannya, membuat gajah memiliki banyak manfaat bagi manusia. Gajah dapat dilatih untuk mengangkat barang yang berat, memburu harimau bahkan untuk bertarung. Gajah adalah benar-benar binatang yang pintar.

 Demikian artikel tentang Teks Report (Bahasa Indonesia) meliputi pengertian Teks Report, Tujuan Teks Report, Struktur, dan Contoh Teks Report dalam Bahasa Indonesia.  Semoga bermanfaat..
LihatTutupKomentar