-->

Pengertian Narkoba Dan Jenis-Jenis Narkoba

Pengertian Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba| Narkoba ialah zat pembunuh secara perlahan, sehingga perlunya kita mengenal pengertian dan jenis-jenis narkoba secara dini dan lengkap. Pengertian narkoba secara umum adalah zat yang mengakibatkan seseorang mengalami perubahan suasana penglihatan, pengamatan, perasaaan dan sanggup mengakibatkan ketergantungan. Narkoba merupakan abreviasi dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Narkoba biasa juga disebut dengan NAPZA.

Dilihat dari abreviasi narkoba yakni narkotika, psikotropika dan zat adiktif yang tidak lain merupakan pengelompokan dari macam-macam narkoba atau jenis-jenis narkoba. Jenis-Jenis Narkoba terbaru berdasarkan ilmu kedokteran indonesia antara lain sebagai berikut....

Narkoba ialah zat pembunuh secara perlahan Pengertian Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba
Pengertian Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba

1. Narkotika 
Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tumbuhan atau bukan tanaman, sintesis atau semi sintesis yang menjadikan efek bagi penggunanya yakni hilangnya rasa sakit, pembiusan, adanya rangsangan semangat, berhalusinasi dan sanggup mengakibatkan ketergantungan. Macam-macam narkotik antara lain...
  • Ganja (Canabis) ialah tumbuhan yang mengandung kanabioid psikoaktif dan sanggup menjadikan ketagihan serta sanggup mengikat pikiran. Efek yang ditimbulkan dalam badan kita ialah meningkatnya denyut nadi, kehilangan konsentrasi, keseimbangan menurun, depresi, timbulnya ketakutan, rasa panik, dan berhalusinasi. Ganja dikenal dengan sebutan mariyuana
  • Opium (Opiad) ialah tumbuhan yang mengandung kurang lebih 20 alkaloid opium. Opium mempunyai banyak sekali nama yakni opiad atau opioid. Opium berasal dari jus dan bunga opium (papaver somniverum) dan opium disuling untuk menciptakan heroin, morfin, dan kodein. Opium dipakai dalam ilmu kesehatan yakni untuk menghilangkan rasa sakit (batuk, diare dan lain-lain), tetapi banyak yang menyalahgunakan yang menjadikan gejala-gejala menyerupai perasaan menjadi damai dan bahagia, mengantuk, malas bergerak, bicara madel dan lain-lain.
  • Kokain (shabu-shabu) ialah tumbuhan Erythroxylon coca dari amerika selatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kokain merupakan zat dipakai dalam ilmu kedokteran menyerupai untuk mempebedahan mata, dan tenggorakan dikarenakan adanya imbas vasokonstriksinya. Gejala yang sanggup terjadi bagi pemakainya ialah banyak bicara dan meningkatnya kewaspadaan, penyumbatan pembuluh darah, berkeringat dan gampang berkelahi, kejang-kejang dan tekanan darah meningkat. 
2. Psikotropika
Psikotropika ialah zat atau obat, baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika, yang mempunyai khasiat psikoaktif melalui efek terhadap susun saraf pusat, yang mengakibatkan munculnya berubahan pada kegiatan mental dan perilaku. Jenis-Jenis Psikotropika antara lain....
  • Zat Penenang ialah zat yang sanggup menciptakan perasaaan seseorang menjadi damai atau santai. Contoh obat penenang ialah valium yang ada pada obat tidur. Gejala yang ditimbulkan bila disalahgunakan ialah adanya gangguan pada otak, bimbang, cemas, dan rasa takut. 
  • Zat Psikostimulat ialah suatu zat yang disebut amfetamin yang sanggup dibentuk menjadi ekstasi dan shabu-shabu . Efek dari Psikostimulat menjadikan kerusakan pada hati, akses darah, dan jantung. 
  • Zat Halusinogenetik. Contoh zat halusinogenetik ialah lyseric Acid Diethylamide (LSD). Zat Halusinogenetik menjadikan halusinasi, ketakutan berlebih dan gangguan pada otak 
3. Zat Adiktif
Zat Adiktif ialah obat dan bahan-bahan lainnya yang menjadikan kerja biologi, ketergantungan, dan ketagihan bila dikonsumsi organisme hidup termasuk manusia. Zat adiktif kalau tidak boleh akan menjadikan imbas yang luar biasa atau sakit. Zat adiktif tidak tergolong narkotik dan psikotropika, tetapi zat adiktif menjadikan ketagihan, zat adiktif antara lain minuman keras, kopi, dan rokok. 
  • Nikotin ialah senyawa organic alkaloid yang pada umumnya mengandung hidrogen, karbon, dan biasanya juga terdapat oksigen. Nikotin sanggup menjadikan banyak sekali gangguan kalau terlalu banyak menggunakannya menyerupai gangguan pernapasan, jantung dan paru-paru serta sanggup mengubah susunan DNA sel sperma yang, sehingga janin yang dikandungnya sanggup berisiko cacat. 
  • Alkohol ialah senyawa organik turunan dari senyawa alkana dengan gugus OH. Alkohol masuk dalam kategori Zat adiktif. Alkohol sanggup mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan, kerusakan hati, jantung, ginjal, gangguan usus, timbulnya depresi dan hilangnya ingatan serta sanggup menghipnotis kesuburan laki-laki dan  wanita dalam memperoleh keturunan. 
  • Kafein ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal yang berbentuk kristal dan mempunyai rasa pahit. Kafein bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein sering ditemukan pada kopi, yang dipakai sebagai komposisi obat penyebuhan flu dan sakit kepala dan mencegah timbulnya rasa ngantuk. Ketergantungan pada kafein sanggup mengakibatkan rasa cemas dan gangguan pada jantung. 
  • Solvent. Contoh solvent ialah zat perekat dan bensin yang dihirup baunya . Solvent menjadikan benjol tenggorokan, gangguan fungsi kerja otak, gangguan pernafasan, dan kerusakan pada hati dan ginjal. 

Baca Juga:

Waspada Terhadap Flu Burung 
Upaya Menanggulangi Masalah Kesehatan 
Pengertian, Penularan, Pencegahan, & Ciri-Ciri AIDS 
Mengenal Penyebab Sakit Telinga: Akibat Pilek dan Infeksi 
7 Manfaat Buah Naga yang Cetar Membahana 
Perlunya Mengenal Ciri-Ciri Tanda Kehamilan Secara "LENGKAP" 
Mengenal Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Jantung Mulai Dari "SEKARANG" 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Narkoba dan Jenis-Jenis Narkoba. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian narkoba, dan jenis-jenis narkoba. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman
LihatTutupKomentar