Sotk Ialah | Kepanjangan Sotk

loading...
SOTK Adalah ?, Kepanjangan SOTK Adalah ? pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di benak anda kalau iya berikut dibawah ini jawabannya.


Kepanjangan SOTK

Dikutip dari singkatankata.com kepanjangan dari SOTK Adalah :
Susunan Organisasi Tata Kerja
Struktur Organisasi Tata Kerja
Satuan Organisasi Tata Kerja
Standar Operasional Teknis Kerja

Contoh SOTK dalam kalimat :

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi menuturkan, jumlah pejabat pemerintahan yang akan non job belum bisa dipastikan. Namun, sanggup dipastikan perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016 akan menciptakan banyak pejabat eselon III dan II yang hilang jabatannya.

SOTK dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 wacana Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa terdapat beberapa perbedaan dengan SOTK Pemerintah Desa terdahulu. 

PEMERINTAH DESA (Pasal 2)
Dalam Pasal 2 ayat (1) menyatakan bahwa Pemerintah Desa ialah Kepala Desa dibantu oleh Perangkat Desa, lalu dijabarkan dalam Pasal 2 ayat (2) bahwa Perangkat Desa terdiri atas; Sekretariat Desa, Pelaksana Kewilayahan, dan Pelaksana Teknis.

SEKRETARIAT DESA (Pasal 3)
Sekretariat Desa dipimpin oleh Sekretaris Desa dan dibantu oleh unsur staf sekretariat. Sekretariat Desa paling banyak terdiri atas 3 (tiga) urusan yaitu urusan tata perjuangan dan umum, urusan keuangan, dan urusan perencanaan, dan paling sedikit 2 (dua) urusan yaitu urusan umum dan perencanaan, dan urusan keuangan. Masing-masing urusan dipimpin oleh Kepala Urusan (Kaur).

PELAKSANA KEWILAYAHAN (Pasal 4)
Pelaksana Kewilayahan merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai satuan kiprah kewilayahan. Jumlah unsur Pelaksana kewilayahan ditentukan secara proporsional antara pelaksana kewilayahan yang diharapkan dengan kemampuan keuangan desa serta memperhatikan luas wilayah kerja, karakteristik, geografis, jumlah kepadatan penduduk, serta sarana prasarana penunjang tugas. Pelaksana Kewilayahan dilaksanakan oleh Kepala Dusun atau sebutan lain.

PELAKSANA TEKNIS (Pasal 5)
Pelaksana Teknis merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai pelaksana kiprah operasional. Pelaksana Teknis paling banyak terdiri atas 3 (tiga) seksi yaitu seksi pemerintahan, seksi kesejahteraan dan seksi pelayanan, paling sedikit 2 (dua) seksi yaitu seksi pemerintahan, serta seksi kesejahteraan dan pelayanan. Masing-masing seksi dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi).

Referensi :
singkatankata.com
www.pikiran-rakyat.com
www.masawah.desa.id
Loading...