The Greatwall, Tembok Raksasa Di Cina

loading...


Tembok Raksasa Cina
Gambar dari berbagai situs di internet

Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina atau Chángchéng), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Republik Rakyat Cina.

Dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tanggal 18 April 2009, oleh pemerintah Republik Rakyat Cina, diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km. Menurut pengukuran, panjang keseluruhan tembok mencapai 8.850 km. karena dinemukan bagian tembok lain yang panjangnya 359 km, parit sepanjang 2232 km, serta pembatas alami seperti perbukitan dan sungai sepanjang 2232 km.

Sejarah Tembok Raksasa Cina
Gambar dari berbagai situs di internet

Tembok Raksasa Cina dibangun masa Dinasti Qin, Dinasti Han dan Dinasti Ming. Namun, sebagian besar rupa tembok raksasa yang berdiri pada saat ini merupakan hasil dari periode Ming.

Pra-Qin

Sebelum periode Dinasti Qin, pembangunan tembok raksasa paling awal dilakukan pada Zaman Musim Semi dan Gugur (722 SM-481 SM) dan Zaman Negara Perang (453 SM- 221 SM) untuk menahan serangan musuh dan suku-suku dari utara Cina.  Negeri-negeri yang tercatat turut membangun dalam konstruksi pertama antara lain: negeri Chu, Qi, Yan, Wei dan Zhao.  Dalam periode-periode berikutnya, tembok raksasa bertambah panjang, diperbaiki dan dimodifikasi.

Dinasti Qin

Pemb. masa Qin
Pada tahun 220 SM di bawah perintah Kaisar Qin Shi Huang, Jendral Meng Tian mengumpulkan tenaga kerja sebanyak 300 ribu orang untuk menyambungkan tembok-tembok sebelumnya sebagai garis pertahanan.  Pembangunan yang memakan waktu 9 tahun memerlukan biaya mahal dan mengorbankan rakyat jelata.

Dinasti Han

Pemb. Masa Han
Tahun 127 SM, saat Kaisar Han Wudi berkuasa (140 SM-87 SM), di-renovasi dan menambah bangunan baru, selama 20 tahun menambah panjang tembok secara keseluruhan menjadi 1000 km.  Pada periode ini berfungsi sebagai pelindung kawasan barat dari Bangsa Hun yang mengancam rakyat Cina. Mulai tahun 39 M, atas perintah Guang Wudi, jendral Ma Cheng memulai dilaksanakan kembali.

Dinasti Ming

Pemb Mas Ming
Pada masa Dinasti Ming (1368-1644), setelah menaklukkan bangsa Mongol, tembok raksasa dari periode sebelumnya dibangun kembali, dengan catatan panjang 5.650 km. Pada masa ini, tembok besar Cina dibagi ke dalam 9 distrik militer yang dilengkapi benteng-benteng pertahanan dan pintu gerbang untuk mengawasi daerah perbatasan. Di atasnya dibuat jalan sebagai jalur transportasi.  Pintu gerbang paling timur dinamakan Shanhaiguan dan pintu gerbang paling barat dinamakan Jiayuguan. 




1.        Kolosus di Rodos
2.        Kuil Artemis
3.        Mausoleum Mausolus di Turky
4.        Mercusuar Iskandariyah
5.        Patung Zeus di Olympia
6.        Piramida Agung Giza
7.        Taman Gantung Babilonia

1.        Akropolis Athena
2.        Angkor Wat di Kamboja
3.        Chichén Itzá Di Mexico
4.        Hagia Sophia di Turkey
5.        Istana Alhambra di Spanyol
8.        Koloseum di Italia
9.        Kuil Kiyomizudera di Jepang
15.     Petra di Yordania
16.     Taj Mahal Di India
loading...