-->

Komponen Dan Format Slip Honor Karyawan

Format Slip Gaji Karyawan - Slip honor ialah salah satu dokumen yang dibentuk perusahaan setiap bulannya. Bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan, tentu sudah bersahabat dengan selembar kertas dari bab keuangan perusahaan ini. Memang bukan slip honor yang diperlukan karyawan namun nilai uang di dalamnya yang lebih sering diperhatikan. Slip honor merupakan bukti sah atau bukti legal penerimaan honor dari pemberi kerja untuk karyawan.

 Slip honor ialah salah satu dokumen yang dibentuk perusahaan setiap bulannya Komponen dan Format Slip Gaji Karyawan
Baca juga : Informasi Gaji Pegawai Askrindo

Format slip honor karyawan untuk tiap perusahaan dapat berbeda tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan. Namun secara umum format slip honor karyawan terdiri dari beberapa bab yang mencakup :

- Nama Perusahaan
Komponen teratas sendiri yaitu nama perusahaan. Kira-kira bab ini mempunyai kegunaan menyatakan bila slip honor karyawan tersebut memang sebagai salah satu dokumen penting perusahaan tersebut. Karenanya orang luar yang membacanya dapat memastikan bila perusahaan tersebut yang menciptakan slip honor karyawan itu.

- Menyatakan kerahasiaan dokumen
Di bawah nama perusahaan ialah klarifikasi yang menegaskan kerahasiaan slip honor ini. Kerahasiaan tersebut dapat berupa kalimat "Private dan Confidential". Maksudnya ialah slip honor tersebut ialah dokumen diam-diam dimana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahui.

- Tanggal pembayaran, dan data karyawan
Selanjutnya dari format slip honor karyawan yakni tanggal pembayaran, klarifikasi sub departemen serta data karyawan. Data karyawan dapat berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

- Besarnya honor dan jumlah potongan
Komponen berikutnya dari format slip honor karyawan yaitu jumlah honor dan potongan. Penghasilan atau honor mencakup honor pokok, tunjangan serta insentif lain. Sedangkan serpihan mencakup premi BPJS, saving plan karyawan, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan misalnya ke koperasi perusahaan.

- Keterangan lengkap pembayaran
Komponen terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji. Komponen tersebut berisikan : penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan setelah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan dan nama bank sebagai institusi  pembayar.

Format slip honor karyawan menyerupai disebutkan sebelumnya dapat berbeda-beda antar perusahaan. Kendati begitu, setelah mengetahui kompnen-komponennya secara umum maka bagi karyawan dapat menggunakannya untuk banyak sekali keperluan. Slip honor ialah salah satu dokumen yang dipersyaratkan ketika mereka hendak mengajukan tunjangan ke bank atau kredit kendaraan bermotor. Slip honor pun dapat menjadi bukti otentik sebagai data serpihan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.
LihatTutupKomentar