-->

Cara Menghitung Honor Karyawan Dengan Excel

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel - Diantara metode pengolahan data yang cukup praktis untuk menghitung honor karyawan yaitu menggunakan software Microsoft Office Excel. Aplikasi yang terintegrasi dengan program-program keluaran Microsoft yang lain ini menggunakan formula (rumus) tertentu sehingga dapat mengolah data dengan otomatis. Rumus akan mengkalkulasi data yang diketikkan dan selanjutnya menyuguhkan risikonya dalam kolom dan baris. Tata cara menghitung honor karyawan dengan Excel akan dijelaskan berikut ini.

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel
Baca juga : Gaji Pegawai Bank Danamon

Pertama, buka kegiatan Microsoft Excel di laptop. Buatlah dua table yaitu Tabel I berisi kolom-kolom :

Kolom A 5: Kode

Kolom B 5: Nama Karyawan/Pegawai

Kolom C 5: Jabatan

Kolom D 5: Status

Kolom E 5: Gol (Golongan)

Kolom F 5: Gapok (Gaji Pokok)

Kolom G 5: Tunjangan

Kolom H 5: Astek

Kolom I 5: Gaji Bersih

Sementara Tabel II digunakan menjadi tabel sumber data bagi tabel I dan terdiri dari 3 kolom yaitu : Gol, Gapok, Tunjangan.

Tentukan aba-aba untuk penunjang berfungsinya formula yang digunakan menghitung dan memunculkan data di tabel I. Kode-kode tersebut contohnya : AKT, ADM, SAL, OPE menjadi aba-aba untuk jabatan karyawan. Berbagai aba-aba tersebut akan berfungsi dengan otomatis di Tabel I kolom C (Jabatan) sebagai adonan dua formula ialah formula If dan Left. A menjadi aba-aba Golongan karyawan. Kode tersebut beroperasi untuk menyuguhkan data di tabel I kolom E. Data yang dihasilkan dalam kolom E yakni data yang berasal dari tabel II menggunakan formula MID.

K menjadi aba-aba status karyawan yang menjadi sumber data untuk kolom D menggunakan formula IF. Penulisan dapat dengan : AKT-A-T. Sementara untuk tabel I, kolom-kolom selanjutnya ini merupakan hitungan yang umumnya digunakan pada Excel yaitu :

- Tunjangan sebesar 10% dari Gapok.
- Astek sebesar 2 % dari Gapok
- Gaji Bersih dihitung dari Gaji Pokok+Tunjangan+ Astek

Masukkan data tabel I kolom A dan B dengan manual berdasarkan kode-kode yang ditentukan tadi.  Untuk kolom C 6 (Jabatan) masukkan formula :

=IF(LEFT(A6;3)=”AKT”;”AKUNTANSI”;IF(LEFT(A6;3)=”ADM”;”ADMINISTRASI”;IF(LEFT(A6;3)=”OPR”;”OPERATOR”;IF(LEFT(A6;3)=”SAL”;”SALESMAN”;”MAAF, KODE ANDA SALAH”))))

Untuk kolom D 6 (status) masukkan formula =IF(RIGHT(A6)=”K”;”Kawin”;”Bujang”)

Untuk kolom E 6 (Gol) masukkan formula =MID(A6;5;1)

Untuk kolom F 6 (Gapok) masukkan formula =VLOOKUP(E6;G21:I23;2)

Untuk kolom G 6 (Tunjangan) masukkan formula =10%*F6.

Untuk kolom H 6 (Astek) masukkan formula =2%*F6

Untuk kolom I 6 (Gaji Bersih) masukkan formula =F6+G6+H6

Sementara untuk baris selanjutnya caranya sama saja dengan yang diatas yaitu memasukkan datanya secara manual. Jika keliru dalam menginput aba-aba di kolom A maka otomatis di kolom C akan keluar pesan  “Maaf, Kode Anda Salah”. Cek sekali lagi input data yang dilakukan.
LihatTutupKomentar