-->

Contoh Slip Honor Karyawan Toko Berikut Komponen Penyusunnya

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko - Untuk mereka yang gres saja diterima bekerja di perusahaan swasta, karyawan toko, maupun instansi pemerintah, Selamat! Di selesai bulan anda akan mendapatkan honor pertama anda berikut slipnya. Sebelum itu anda harus mengetahui beberapa komponen honor yang tercantum di dalam slip gaji. Pada prinsipnya komponen honor mencakup honor pokok dan pertolongan tetap. Besaran honor pokok setidaknya 75 % dari jumlah honor pokok dan pertolongan tetap sebagaimana tercantum dalam UU No. 13 tahun 2003.
  • Gaji Pokok
Gaji pokok merupakan honor dasar yang ditentukan bergantung dari jabatan atau pekerjaan tertentu. Makin tinggi jabatan artinya makin berat tanggung-jawab pekerjaan yang dipikul. Jabatan ini mencerminkan kualifikasi dan kompetensi dari karyawan yang mengembannya. Perusahaan mematok honor pokok mengikuti jabatan atau jenjang karir.

  • Tunjangan
Tunjangan merupakan komplemen dari honor pokok. Fungsinya sanggup bersifat sosial ataupun insentif. Beberapa jenis pertolongan diantaranya : pertolongan jabatan, pertolongan transport dan pertolongan makan. Ada juga pembagian pertolongan menjadi pertolongan tetap dan pertolongan tidak tetap.

  • Potongan
Potongan diambil untuk hal-hal yang terkait dengan karyawan contohnya membayar pajak, premi kesehatan dan lainnya. Beberapa jenis potongan yang biasanya ada pada slip honor yaitu : potongan pajak penghasilan, premi asuransi kesehatan, premi asuransi hari renta dan iuran BPJS.

  • Lembur
Jika karyawan dalam sebulan pernah lembur maka akan dibayarkan sebagai komponen gaji. Berdasarkan ketentuan Menakertrans No.102/MEN/VI/2004 menjelaskan bahwa lembur yakni waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam seminggu. Bila karyawan bekerja lembur maka sudah semestinya akan memperoleh uang tambahan tersendiri. Namun ini tergantung dari Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) apakah memang para karyawan sanggup menerima uang lembur atau tidak. siapa saja yang mendapatkan lembur dan siapa saja yang tidak mendapatkan lembur. Bahkan ada perusahaan yang mengatur, tidak ada uang lembur sama sekali. Bila tak ditentukan dalam PP atau PKB biasanya akan mendasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 102 tahun 2004.

Sebagai citra bagi para karyawan baru, berikut beberapa contoh slip honor karyawan toko :

 Untuk mereka yang gres saja diterima bekerja di perusahaan swasta Contoh Slip Gaji Karyawan Toko Berikut Komponen Penyusunnya
Baca juga : Besaran Gaji Karyawan Yayasan Surya Nuswantara



LihatTutupKomentar