-->

Tips Pembuatan Aplikasi Penggajian Karyawan Dengan Vb (Visual Basic)

Aplikasi Penggajian Karyawan dengan VB - Penggajian ialah salah satu aplikasi yang sering dibentuk dengan jadwal Visual Basic (VB). Software penggajian ada banyak macamnya diadaptasi dengan kebutuhan perusahaan. Untuk menciptakan aplikasi penggajian karyawan dengan VB ini langkah pertama yaitu menciptakan project baru. Selanjutnya simpan project gres tadi dalam folder tertentu. Dilanjutkan dengan menciptakan database.

 Penggajian ialah salah satu aplikasi yang sering dibentuk dengan jadwal Visual Basic  Tips Pembuatan Aplikasi Penggajian Karyawan dengan VB (Visual Basic)
Baca juga : Contoh Slip Gaji Karyawan Toko Berikut Komponen Penyusunnya

Untuk meletakkan database dengan menentukan bin > Debug folder project. Secara umum tabel yang dimasukkan di aplikasi penggajian mencakup : Tabel Golongan, Tabel Jabatan , Tabel Petugas, Tabel Pegawai, Tabel Potongan, Tabel Gaji dan Tabel Detailgaji. Langkah berikutnya yaitu menciptakan Module untuk memudahkan susukan database. Koneksi dibentuk hanya sekali namun sanggup dipanggil berkali-kali dari tiap form di project tersebut. Untuk menciptakan Module langkahnya yaitu klik sajian Project > Add Module < Add, selanjutnya ketikkan script berikut :

Imports System.Data.OleDb

Module Module1
    Public Conn As OleDbConnection
    Public da As OleDbDataAdapter
    Public ds As DataSet
    Public cmd As OleDbCommand
    Public rd As OleDbDataReader
    Public str As String



    Public Sub Koneksi()
        str = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=DBpenggajian.mdb"
        Conn = New OleDbConnection(str)
        If Conn.State = ConnectionState.Closed Then
            Conn.Open()
        End If
    End Sub
End Module

Berikutnya ialah menciptakan sajian utama untuk menyatukan seluruh form di satu project.  Dilanjut dengan menciptakan Form Petugas untuk mengolah data kasir (petugas) yang menjalankan aplikasi. Status petugas yang login bakal menentukan hak aksesnya. Kemudian menciptakan Form login untuk tujuan keamanan aplikasi sehingga tak setiap orang sanggup mengolah data ataupun bertransaksi. Form login pun berfungsi menetapkan hak susukan pengguna untuk menu-menu tertentu.

Rangkaian yang berlangsung di form penggajian dimulai dari, ketika form dipanggil, maka akan muncul nomor slip honor otomatis, tanggal transaksi. Kemudian ketika mengisikan NIP maka aplikasi akan mencari NIP yang telah mendapatkan honor bulan ini. Bila data tak diperoleh maka diteruskan ke pengisian jumlah hadir selama satu bulan. Berikutnya pengisian jumlah jam lembur untuk satu bulan, pengisian rincian aneka macam pecahan dari pajak sampai asuransi jiwa.

Kemudian untuk pembuatan Laporan Data Master, dipakai Crystal Report. Ada dua pilihan yaitu : pertama menciptakan form khusus untuk memunculkan laporan. Form ini cuma berisi object CrystalReportViewer yang memiliki property DOCK = FILL dan form dalam kondisi maximized, kedua dengan menciptakan form pemanggil laporan. Untuk menciptakan Laporan Penggajian, caranya sama dengan pembuatan Laporan Data Master. Pembuatan Laporan Penggajian diadaptasi dengan kebutuhan, menciptakan form khusus guna memunculkan Laporan serta menciptakan form pemanggil laporan.

LihatTutupKomentar