-->

Tips Gampang Cara Perhitungan Honor Karyawan

Cara Perhitungan Gaji Karyawan - Tak setiap karyawan paham perhitungan honor yang diterimanya setiap bulan. Namun pimpinan perusahaan mesti paham betul cara perhitungan honor karyawan yang dibawahinya. Dengan begitu pimpinan perusahaan akan bisa menjelaskan dengan gamblang kepada para karyawannya. Gaji merupakan salah satu komponen keuangan perusahaan yang harus dikelola dengan semestinya bahkan ketika awal-awal memulai bisnis.

 Tak setiap karyawan paham perhitungan honor yang diterimanya setiap bulan Tips Praktis Cara Perhitungan Gaji Karyawan
Baca juga : Info Terbaru Gaji Pegawai Bank BNI

Besar kecilnya honor karyawan ditentukan oleh sejumlah hal yang salah satunya ialah jabatan karyawan bersangkutan. Struktur honor karyawan dipengaruhi beberapa hal sebagai berikut :

- Kinerja karyawan
Besarnya honor memang berbanding lurus dengan kinerja yang bisa diberikan karyawan untuk perusahaan. Jika beban pekerjaan karyawan cukup sulit dan juga beresiko tentunya harus diberikan imbalan yang pantas.

- Prestasi karyawan
Jika karyawan bisa memperlihatkan prestasi gemilang untuk perusahaan sudah barang tentu perusahaan harus memperlihatkan bonus di samping gaji. Bonus merupakan penyemangat bagi karyawan untuk terus berprestasi.

- Kenaikan honor berkala
Ini pun bisa memberi efek pada kinerja dan memotivasi karyawan biar lebih baik lagi.

Di samping gaji, karyawan pun mempunyai hak memperoleh santunan baik yang bersifat tetap contohnya santunan jabatan dan santunan operasional serta santunan tak tetap contohnya uang makan dan uang transport.

Sejumlah hal penting lainnya pun mesti diperhatikan ketika pembuatan struktur honor karyawan ialah :

- Dewan Direksi
Untuk yang ini tak usah dimasukkan dalam struktur gaji. Perjanjian antara Dewan Komisaris dan para pemegang saham sudah mengatur pembagian laba yang akan diperoleh Dewan Direksi.
   
- General Manager
Manager harus mempunyai struktur honor yang jelas. Di samping honor pokok level ini pun harus mendapat beberapa macam santunan diantaranya santunan jabatan,  operasional, transport hingga uang makan Bonus pun tak boleh ketinggalan.
   
- Supervisor / Kepala Bagian
Di samping sejumlah komponen honor sebagaimana disebutkan di atas, untuk level ini pun harus diberikan santunan contohnya santunan kesehatan dan juga uang lembur.
   
- Pelaksana Teknis
Tingkatan jabatan ini memang tak diberikan santunan jabatan akan tetapi uang lembur tetap harus diberikan.

Cara perhitungan honor karyawan dengan mempertimbangkan struktur jabatan ketika menyusun komponen honor akan membuatnya lebih gampang dan jelas. Cara perhitungan honor karyawan pun bisa mengaplikasikan rumus sederhana yang umum digunakan :

- Gaji dan santunan dengan nilai tetap 70% - 80% dari take home pay (dilambangkan dengan P)
- Nilai santunan tak tetap sebesar 20% - 30% dari take home pay (dilambangkan dengan Q).
- Besaran honor pokok 70% - 80% dari P.
- Besaran nilai santunan jabatan 50% - 60% dari P.
- Besaran santunan operasional 30% - 40% dari P.
- Besaran santunan transport 50% - 60% dari Q.
- Besaran uang makan 30% - 40% dari Q.
LihatTutupKomentar