-->

Gaji Pegawai Bea Cukai Dan Besaran Insentif Yang Diterima

Gaji Pegawai Bea Cukai - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ialah forum yang berada di lingkup Kementerian Keuangan. Semua pegawai Bea Cukai berstatus PNS sentra sehingga rekrutmen diadakan pribadi oleh Kementerian Keuangan. Rekrutmen pegawai bea cukai umumnya dilaksanakan bersamaan dengan rekrutmen pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan instansi lain di lingkup Kementerian Keuangan. Mayoritas pegawai Bea Cukai merupakan lulusan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang ketika ini menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN.

 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ialah forum yang berada di lingkup Kementerian Keuan Gaji Pegawai Bea Cukai dan Besaran Insentif yang Diterima
Baca juga : Gaji Karyawan PLN Mulai Lulusan Sekolah Menengan Atas Hingga S2

Besaran honor pegawai Bea Cukai untuk honor pokok sama dengan honor yang diterima para PNS instansi lain sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019. Contohnya honor pegawai Bea Cukai lulusan D3 STAN golongan 2C dengan usang kerja 3 tahun mendapat honor pokok sebesar Rp.2.192.300. Sedangkan honor pegawai Bea Cukai dari sumber sarjana S1 penerimaan umum yang memiliki masa kerja 0 tahun diberikan honor pokok sejumlah Rp.2.456.700. Semakin tinggi golongan maka semakin besar honor pokok yang diterima. Namun honor pegawai Bea Cukai bukan hanya didapatkan dari honor pokok saja, masih ada beberapa jenis tunjangan dan insentif.

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.144/PMK.02/2019 mengatur mengenai Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif atas Pencapaian Kinerja di Bidang Cukai. Pada peraturan tersebut, insentif akan diberikan hingga 4 kali honor pokok dan 4 kali tunjangan kinerja kepada pegawai bea cukai yang sanggup memenuhi sasaran dan bahkan melampauinya. Insentif akan diterima tiap tahun anggaran berdasarkan asas kewajaran menyesuaikan dengan pencapaian kinerja cukai.

Besaran insentif sebagai bentuk apresiasi untuk pegawai bea cukai diadaptasi dengan bantuan unit dan satuan kerja pada pencapaian kinerja. Pegawai bea cukai yang memegang jabatan tertentu dan bekerja penuh dalam unit dan satuan kerja yang memperlihatkan proteksi pribadi pada pencapaian kinerja cukai disediakan insentif yang mencakup : tiga kali honor pokok dan tiga kali tunjangan kinerja kalau pencapaian 100 % hingga 110 % ; atau empat kali honor pokok dan empat kali tunjangan kinerja kalau pencapaian melebihi 110 %.

Sementara pegawai bea cukai yang bekerja penuh di unit dan satuan kerja yang memperlihatkan proteksi secara tak pribadi pada pencapaian kinerja akan disediakan insentif yang mencakup : dua kali honor pokok dan dua kali tunjangan kinerja kalau pencapaian kinerja mencapai 100 % hingga 110 %; atau tiga kali honor pokok dan tiga kali tunjangan kinerja kalau pencapaian melebihi 110 %.
LihatTutupKomentar