-->

Pengertian 3D Max, Kelebihan Dan Fitur-Fiturnya

Pengertian 3d max merupakan perangkat lunak atau software dari grafik vektor aktivitas 3 dimensi maupun animasi, yang ditulis Autodesk Media & Entertainment. Adapun software yang satu ini dikembangkan menurut pendahulunya yakni 3D Studio FO DOS, namun untuk platform dengan aktivitas Win32. Adapun versi terbaru dari 3Ds Max di bulan Juli 2005 yakni 7. Adapun untuk aktivitas 3Ds Max Autodesk 8 sendiri diperkirakan tersedia di final tahun 2005. Dimana hal ini sudah diumumkan pihak Discreet yang ada di Siggraph pada tahun 2005.

Pengertian 3d max yaitu sebuah paket software paling luas yang dipakai dikala ini, alasannya yaitu ada beberapa alasan yakni penggunaan dari platform Ms. Windows, arsitektur plugin banyak dan kemampuan untuk mengedit yang paling serba bisa. Ada sebanyak 5 metode dari pemodelan dasar, diantaranya NURBS, pemodelan Polygon, surface tool, NURMS dan Permodelan primitif. Permodelan primitif sendiri termasuk metode dasar, yang mana seseorang telah membentuk model menggunakan banyak silinder, kotak, cone dan objek yang sudah tersedia. 

Di samping permodelan primitif ada Metal Ray. Dimana, metal ray sendiri yaitu render engine dalam aktivitas 3D Max, di samping render standar Maz menyerupai Default Scanline. Adapun Mental Ray sendiri terintegrasi oleh 3D Max dengan begitu tak perlu melaksanakan instal dengan terpisah. Adapun kelebihan dari Metal Ray sendiri yaitu bisa mengkalkulasikan efek. 

Kelebihan 3D Max
Ada beberapa keunggulan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh aktivitas 3D Max, diantaranya:

  • Memberikan Rangka Objek 3D
Keunggulan dari fitur 3D Max yang pertama yaitu memperlihatkan rangka objek dari aksara 3D yang sudah dibuat, dengan begitu aksara 3D pun bisa bergerak layaknya pada manusia. Dalam hal ini terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan menyerupai teknik Biped dan teknik Bone. Teknik Biped untuk menciptakan sebuah tulang yang terintegrasi ke dalam sebuah kesatuan rangka utuh. Sementara teknik bone yaitu menciptakan tulang dengan satu persatu kemudian dilakukan link untuk antar tulang yang berkaitan satu sama lain.

  • Membuat Model Unorganic dan Organic
Model un-organik sendiri biasanya dibentuk menggunakan teknik Compound Spline Modelling dan Compound Modelling. Teknik Compound Modelling merupakan sebuah teknik untuk menciptakan model melalui penggabungan atau pengkombinasian atau bentuk dari objek geometri. Sementara Spline Modelling sendiri teknik pembuatan model membentuk objek dari 2dnya lebih dulu kemudian ditransfer ke dalam bentuk 3D. Model organic bisa berupa aksara dari model faktual makhluk hidup misalnya binatang dan manusia. 

  • Membuat Texture Cartoon dan Texture Real
Objek berbentuk 3D bisa diberikan sebuah texture realistic biar terlihat faktual yakni berbentuk texture cartoon. Sementara texture real sendiri memperlihatkan texture bergotong-royong menurut karakteristik dan sifatnya.

Itulah kelebihan menggunakan 3D Max beserta pengertian 3d max, bergotong-royong masih banyak lagi fitur-fitur yang ada dalam 3D Max selain fitur diatas. Adapun salah satunya yaitu Animasi Dynamics yang diaplikasikan biar menciptakan animasi dengan objek-o0bjek saling bertabrakan atau bertubrukan. Kelebihan lainnya yaitu bisa menciptakan cahaya secara realistic.
LihatTutupKomentar