-->

Pengertian 5S Sebagai Contoh Kerja Yang Brilliant

Pengertian 5s - Jepang merupakan salah satu negara maju yang letaknya di Asia. Jepang dikenal sebagai negara yang berusaha keras demi terwujudnya cita-cita. Perusahaan-perusahaan Jepang telah melakukan 5S sebagai prinsip kerjanya, dan sudah diadopsi oleh negara-negara lain termasuk Indonesia, Amerika, Inggris, dan sebagainya. Apa pengertian 5s? Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami mengapa Jepang dikatakan negara yang berusaha keras. Hal ini dilihat dari sejarahnya yang pernah mencicipi di bom atom oleh negara-negara sekutu pada final Perang Dunia 1 yang terkait dengan keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia 1.
Pada ketika itu Jepang tentu saja mengalami kerugian yang besar, tetapi ternyata ketika ini Jepang bisa mempertahankan dirinya sebagai negara maju yang kuat, yang mempunyai ciri khasnya tersendiri. Hal yang fundamental yaitu sumber daya manusianya. Banyak perusahaan Jepang yang berhasil menjalankan pekerjaannya, berhasil mencapai tujuannya dikarenakan telah benar-benar menjalankan prinsip 5S. Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia juga menerapkan sistem ini. Adapun 5S itu sendiri yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Jika dalam bahasa Indonesia berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin yang tergabung dalam 5R.

Secara umum, pengertian 5s gampang dipahami tetapi sulit untuk dijalankan. Butuh komitmen, kemauan, dan perjuangan yang keras dalam menjalankan 5S. Tentunya harus diimbangi dengan pimpinan yang bisa mendorong karyawannya menjadi orang yang termotivasi dalam kerjanya. Begitu juga harus ada rekan kerja yang sama-sama memotivasi satu sama lain. Penjabaran masing-masingnya yaitu:
• Seiri : Ringkas
Sebagai awalan, Seiri merupakan langkah awal, yaitu menentukan barang yang mempunyai kegunaan atau tidak berguna. Jika barang tersebut mempunyai kegunaan maka disimpan, tetapi jikalau tidak mempunyai kegunaan maka dibuang saja, toh tidak menawarkan manfaat apapun. Semakin tidak ada barang yang tidak berguna, maka daerah kerja semakin efisien.
• Seiton: Rapi
Seiton menunjukan penataan barang, yaitu sehabis membuang barang-barang yang tidak berguna, maka yang tersisa di daerah kerja yaitu barang yang mempunyai kegunaan saja. Barang yang mempunyai kegunaan tersebut ditata. Setelah itu diberi klarifikasi mengenai nama barang, daerah disimpan, dan berapa jumlah barang tersebut, sehingga ketika mencarinya akan gampang didapatkan.
• Seiso: Resik
Setelah barang-barang mempunyai kegunaan tersebut ditata, langkah selanjutnya yaitu membersihkan barang-barang tersebut. Tempat kerja dan barang-barang yang higienis akan menciptakan para pekerjanya nyaman. Dengan begitu motivasi bekerja akan stabil.
• Seiketsu: Rawat
Sesuai dengan terjemahan bahasa Indonesianya, yaitu rawat, maka lingkungan yang sudah rapi dan higienis tersebut hendaknya dirawat dan dijaga. Hal ini semoga lingkungan kerja selalu nyaman dan demi kepentingan bersama.
• Shitsuke: Rajin
Sebagai pamungkas, shitsuka yaitu menerapkan hal-hal menyerupai disiplin, tidak melanggar peraturan, saling menghormati, dan selalu memperbaiki diri.

Dari pengertian 5s dan klarifikasi yang sudah diuraikan satu per satu, apakah Anda menjadi termotivasi untuk menjalani hidup menyerupai demikian? Meskipun Anda tidak sedang bekerja di perusahaan Jepang, tetapi alangkah baiknya jikalau bisa dan mau berusaha menjalankan 5S sebagai pola hidup sehari-hari semoga selalu disiplin dan bertanggung jawab sehingga didapatkan hasil yang maksimal.
LihatTutupKomentar