-->

Contoh Erd (Entity Relationship Diagram) Penggajian Karyawan

ERD Penggajian Karyawan - Sistem penggajian karyawan merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memperlancar penghitungan honor di suatu perusahaan. ERD (Entity Relationship Diagram) penggajian karyawan merupakan proses permulaan sebelum sebuah aktivitas penggajian karyawan dibuat. Fungsi ERD penggajian karyawan menjadi alat bantu dalam memilih alur proses yang berlangsung dalam sistem aplikasi tersebut.

ERD berfungsi sebagai sebuah model yang akan menjabarkan hubungan antar data dari basis data dengan melihat beberapa obyek dasar data dengan hubungan antar relasi. ERD penggajian karyawan di sini akan memodelkan struktur data serta hubungan antar data. ERD penggajian karyawan dibentuk memakai sejumlah simbol dan notasi. Desain ERD sendiri meliputi:

- Entitas
Yaitu sebuah obyek yang sanggup dibedakan dengan obyek yang lain. Dilambangkan dengan kotak persegi panjang.

- Atribut
Akan menggambarkan karakteristik atau properti sebuah entitas. Dilambangakn dengan bentuk elips.

- Relasi
Yaitu hubungan yang terdapat dalam sebuah entitas atau antar entitas yang satu dengan yang lain dan dilambangkan dengan bentuk belah ketupat. Relasi yang tercipta antara dua kelompok entitas dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama yakni hubungan Satu ke satu (One to One) yaitu hubungan yang cuma sekali contohnya kelompok entitas A terkait dengan entitas kelompok B. Kedua yakni hubungan Satu ke banyak (One to Many) contohnya setiap entitas di kelompok A sanggup berkorelasi lebih dari satu dengan entitas di kelompok B namun tak bertindak sebaliknya. Terakhir yakni hubungan Banyak ke banyak (Many to Many) contohnya kelompok entitas A sanggup berkorelasi lebih dari sekali ke kelompok B begitupun sebaliknya.

Beberapa teladan ERD penggajian karyawan sanggup dilihat dari diagram alur berikut ini :

 Sistem penggajian karyawan merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memperlancar peng Contoh ERD (Entity Relationship Diagram) Penggajian Karyawan
Baca juga : Update Info Terbaru Gaji Pegawai Telkomsel




LihatTutupKomentar