-->

Cara Menghitung Honor Karyawan Memakai Excel

Cara Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel - Contoh cara menghitung honor karyawan menggunakan Excel formatnya sanggup dibagi dalam 4 sheet yang saling terkait satu dengan lainnya. Berikut dijelaskan tiap-tiap sheet :

Cara Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel Cara Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel
Baca juga : Tiga Tertinggi Gaji Pegawai BUMN

1. Sheet/halaman Jabatan dan Gaji
Difungsikan sebagai input jabatan/posisi karyawan di perusahaan dan jumlah honor per hari.

2. Sheet Data karyawan dan Jabatan
Difungsikan sebagai input data karyawan meliputi NIK, Nama Karyawan, Jabatan dan No HP. Pengguna sanggup menambahkan kolom gres kalau ada data lain. Kolom untuk honor per hari data didapat dari sheet pertama Jabatan dan Gaji menggunakan formula Vlookup :
Di sel E4 inputkan rumus = VLOOKUP(D4;’Jabatan dan Gaji’!$B$4:$C$12;2;FALSE). Agar tak terjadi error maka ditambahkan formula IF ERROR sehingga  menjadi =IFERROR(VLOOKUP(D4;’Jabatan dan Gaji’!$B$4:$C$12;2;FALSE);” “)

3. Absen Karyawan
Difungsikan untuk memasukkan kalau karyawan tak masuk kerja yang keterangannya : sakit, izin, cuti atau tanpa keterangan. Masukkan datanya yang terdiri dari : NIK, Tanggal dan Keterangan. Di sini Nama Karyawan akan keluar dengan otomatis menggunakan formula Vlookup =IFERROR(VLOOKUP(B4;’Data Karyawan dan Jabatan’!$B$4:$E$19;2;FALSE);” “). Sementara Keterangan sanggup menggunakan Data Validation yang tinggal menentukan dari list.

4. Gaji Karyawan
Memuat perhitungan otomatis yang nantinya akan diperoleh honor higienis per bulan sehabis dikalikan dengan jumlah hari kerja, ditambah dengan bonus kemudian dipotong kas bon kalau ada. Ketikkan tanggal, mulai kerja awal bulan sampai simpulan bulan. NIK menggunakan formula sama dengan (=) tabel Data Karyawan dan Jabatan, dengan rumus =’Data Karyawan dan Jabatan’!B4. Nama karyawan dengan rumus =IFERROR(VLOOKUP(B6;’Data Karyawan dan Jabatan’!B4:E19;2;FALSE);” “) dan Jabatan dengan rumus =IFERROR(VLOOKUP(B6;’Data Karyawan dan Jabatan’!B4:E19;3;FALSE);” “). Untuk hari normal menggunakan rumus =IF(B6=0;” “;NETWORKDAYS.INTL($C$3;$E$3;11;$H$28:$H$31)). Berikutnya menghitung bolos kalau karyawan tak masuk dengan rumus =COUNTIF(‘Absen Kerja’!B4:B31;’Gaji Karyawan’!B6). Total hari kerja dengan rumus =IFERROR(E6-F6;” “). Gaji per hari menggunakan rumus
=IFERROR(VLOOKUP(D6;’Jabatan dan Gaji’!$B$4:$C$12;2;FALSE); ” ” ). Selanjutnya masukkan bonus dan kas bon kalau ada. Gaji Bersih (Bulan ini ) menggunakan formula =IFERROR(((G6*H6)+I6-J6); ” “)

Jangan lupa menginputkan kalau di bulan tersebut ada hari libur nasional pada kolom yang tersedia. Namun kalau tak ada maka dikosongkan saja. Cara menghitung honor karyawan menggunakan excel sanggup diunduh filenya dari link berikut :
https://drive.google.com/file/d/0B_3CB6kwlfegMnNiVllSRGZnZVU/view?usp=sharing.
LihatTutupKomentar